Wednesday, April 11, 2007

MATERI KULIAH 10 IPS TERPADU

PEMBELAJARAN KOOPERATIFSEBAGAI PENYEIMBANG PEMBELAJARAN KOMPETITIF
PADA MATA PELAJARAN IPS/PKn

ISU-ISU PENDIDIKAN & IDEOLOGI KOMPETITIF:
APAKAH NEOLIBERALISME SAMA DENGAN LIBERALISME?

KALAU TIDAK SAMA DIMANA PERBEDAANNYA?

NEOLIBERALISME = GLOBAL INTELEKTUAL HEGEMONI (GESOVIC):
u NEOLIBERALISME MERUPAKAN KELANJUTAN IDEOLOGI LIBERALISME YG DIUSUNG ADAM SMITH 3 ABAD YL.
u NAMUN ADA 3 PERBEDAAN ANTARA NEOLIBERALISME DGN LIBERALISME
1. DLM LIBERALISME MEKANISME PASAR DIPAKAI UNTUK MENGATUR EKONOMI NEGARA, SEDANGKAN DLM NEOLIBERALISME IA HARUS DIGUNAKAN UTK MENGATUR EKONOMI GLOBAL. DENGAN BANTUAN GLOBALISASI NEOLIBERALISME BISA MENJADI UNIVERSAL VALUE
2. DLM NEOLIBERALISME KINERJA PASAR DIPAKAI UTK MEMAKMURKAN INDIVIDU (INDIVIDUAL WEALTH) SEDANG DLM LIBERALISME DIPAKAI UTK KEMAKMURAN BERSAMA (COMMONWEALTH) KESEJAHTERAAN & KEMAKMURAN INDIVIDU LEBIH DIAGUNGKAN DALAM PAHAM NEOLIBERALISME
3. LIBERALISME MENGANGGAP OTORITAS REGULATIF NEGARA DIPERLUKAN, SEDANGKAN NEOLIBERALISME JUSTRU MENEKANKAN PELIMPAHAN OTORITAS REGULATIF DARI NEGARA KE INDIVIDU (SOCIAL WELFARE => SELFCARE )

LANTAS APA INTI NEOLIBERALISME?

MENGURANGI PERAN & CAMPUR TANGAN NEGARA DALAM MENGGERAKKAN RODA PEMBANGUNAN NASIONAL AGAR INDIVIDU BISA BERKOMPETISI SCR BEBAS. MEKANISME PASARLAH YG AKAN MENENTUKAN APAKAH INDIVIDU MENJADI PEMENANG (WINNER ) ATAU PECUNDANG (LOOSER ). SUBSIDI HARUS DIKURANGI DEMI EFISIENSI DAN MENGHORMATI MEKANISME PASAR, SESUAI DGN SEMANGAT “KONSENSUS WASHINGTON” .
KINI AGENDA-AGENDA NEOLIBERALISME MENDAPAT TANTANGAN DARI FORUM SOSIAL DUNIA (WSF). PARA PENOLAK NEOLIBERALISME BERANGGAPAN SESUNGGUHNYA IDEOLOGI INI DICIPTAKAN HANYA UTK KEPENTINGAN “PEMENANG YG SUDAH KUAT SECARA EKONOMI, POLITIK, PENDIDIKAN & MODAL”.
IDEOLOGI INI TDK PERNAH TERUSIK / TERBEBANI PERTANYAAN, BAGAIMANA NASIB MEREKA YG KALAH?
DIKEMANAKAN MEREKA? MENGAPA MEREKA KALAH?

APA & BAGAIMANA IDEOLOGI KOMPETITIF DALAM PENDIDIKAN?

• SALAH SATU IMPLIKASI NEOLIBERALISME DLM PENDIDIKAN ADALAH DIJADIKANNYA IDEOLOGI KOMPETISI SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN.

• HAMPIR SEMUA SEKOLAH MULAI TAMAN KANAK-KANAK S/D PERGURUAN TINGGI DIDASARKAN IDELOLGI KOMPETISI. SISTEM PEMERINGKATAN ADALAH SALAH SATU WUJUD KOMPETISI. MULAI PENDIDIKAN DASAR HINGGA PERGURUAN TINGGI PESERTA DIDIK DIORIENTASIKAN BERKOMPETISI.

• KOMPETISI BISA MEMBERI MANFAAT BAIK INDIVIDU MAUPUN SOSIAL, TETAPI DENGAN KONDISI-KONDISI TERTENTU. ORANG YANG SUDAH KUAT DAN MAPAN DALAM EKONOMI, PENDIDIKAN DAN MODAL TIDAK FAIR JIKA BERKOMPETISI DENGAN MEREKA YANG LEMAH. INI BUKAN KOMPETISI YANG SEHAT, TETAPI BISA MENJADI EKSPLIOTASI DAN KONTRAPRODUKTIF.

BAGAIMANA PARADIGMA BERPIKIR NEOLIBERALISME?

u DALAM KOMPETISI HARUS ADA PEMENANG DAN PECUNDANG.
u KETIKA IDEOLOGI KOMPETISI DIJADIKAN BASIS PENDIDIKAN OUT PUT PENDIDIKAN HANYA AKAN MENGHASILKAN PEMENANG DAN PECUNDANG.
u KITA TIDAK SADAR, IDEOLOGI KOMPETISI YG DICIPTAKAN NEOLIBERAL DIDESAIN UTK KEPENTINGAN PEMENANG.

MENGAPA?
u KARENA YG MENDESAIN, MENYEBARKAN, DAN MENDESAKKAN KEPADA PUBLIK ADALAH PEMENANG, YAITU MEREKA YG KUAT SECARA EKONOMI, POLITIK, PENDIDIKAN DAN MODAL.
u DISINI PERTAUTAN ANTARA PENGETAHUAN DAN KEKUASAAN ALA FOUCALTIAN ATAU PENGETAHUAN DAN KEPENTINGAN ALA HEBERMAS MENJADI JELAS.

BAGAIMANA BILA IDEOLOGI KOMPETITIF DIJADIKAN BASIS PENDIDIKAN?
• PENDIDIKAN TDK AKAN PEDULI DGN NASIB MEREKA YG KALAH.
• PENDIDIKAN TDK AKAN PEDULI DGN PERTANYAAN: AKAN DIKEMANAKAN MEREKA YG “BODOH, TIDAK MAMPU, & MISKIN?
• PERTANYAAN ITU DIANGGAP TDK HANYA TDK RELEVAN BAGI KAUM NEOLIBERALIS, TETAPI SUDAH JELAS JAWABANNYANYA; MEREKA AKAN JADI PECUNDANG, TERSINGKIR, & JADI WARGA NEGARA KELAS DUA DI MASYARAKAT.
• INI ADALAH KONSEKUENSI DARI IDEOLOGI KOMPETISI.
• IDEOLOGI TDK PERNAH MEMPERTANYAKAN SCR KRITIS: MENGAPA MEREKA KALAH?; APAKAH KARENA MEREKA TDK MAMPU ATAU KARENA ADA FAKTOR LAIN YG MEMBUAT MEREKA TDK MAMPU BERSAING?

PERSAINGAN YANG TERJADI TIDAK SEHAT

• ADILKAH ? FAIRKAH ? BILA ANAK SEJAK KECIL MENDAPAT PENDIDIKAN YANG MEMADAI DAN ELITE BERSAING DENGAN ANAK YANG HANYA SEKOLAH DI MADRASAH DI PELOSOK DESA. KARENA KOMPETISI MENSYARATKAN ADANYA KESETARAAN DARI PARTISIPAN YANG BERKOMPETISI.
• KETIKA IDEOLOGI KOMPETISI DIJADIKAN BASIS PENDIDIKAN, SESUNGGUHNYA PENDIDIKAN HANYA DIDESAIN UTK KEPENTINGAN PARA PEMENANG YAITU MEREKA YG CERDAS, PANDAI DAN KUAT MODAL EKONOMI DAN MODAL SOSIAL.
• APAKAH PENDIDIKAN KITA TIDAK DIDESAIN UNTUK KEPENTINGAN ORANG-ORANG MISKIN, TIDAK MAMPU, BODOH, DAN LEMAH MODAL EKONOMI DAN SOSIAL?
• SIMPULAN: IDEOLOGI KOMPETISI HANYA MENJUSTIFIKASI PRIVILESE ORANG-ORANG YANG SUDAH KUAT.

No comments: