Wednesday, April 11, 2007

MATERI KULIAH 9 IPS TERPADU

MENGELOLA KONFLIK(PILKADA)
PILKADA MERUPAKAN SALAH SATU CAPAIAN PENTING DLM PROSES DEMOKRASI LOKAL.

APABILA SEBELUMNYA PUBLIK HANYA MENJADI SAKSI DLM PILKADA YG TERTUTUP DLM LEMBAGA PARLEMEN, HADIRNYA PILKADA SCR LANGSUNG RAKYAT MEMILIKI OTORITAS UTK MEMILIH PEMIMPIN YG AKAN MENGELOLA SEGENAP URUSAN-URUSANNYA.

NAMUN, ARENA DEMOKRASI TDK HANYA DIRAMAIKAN PEMILIHAN PEMIMPIN YG REPRESENTATIF MAUPUN KOMPETITIF POLITIK. LEBIH DARI ITU, HADIRNYA KONFLIK POLITIK SERINGKALI TDK TERELAKKAN DLM KONTES POLITIK DEMOKRASI.

MASALAH KONFLIK POLITIK:
l REALITAS PILKADA, ADA 2 FENOMENA KONFLIK YG CUKUP MENGHAWATIRKAN, YAITU KONFLIK DI SURABAYA YG BERUJUNG DIMEJA HIJAUKAN & KONFLIK DI TUBAN YG MEMBAWA PADA ANARKISME SERTA KONFLIK MASSA YG BEGITU KERAS.
l PROSESI PILKADA AKAN TERUS BERLANGSUNG, BAYANGAN KONFLIK POLITIK MASIH MENJADI HANTU YANG AKAN MENWARNAI PERHELATAN PESTA DEMOKRASI LOKAL.
l BILA KONFLIK POLITIK SEBAGAI KENISCAYAAN DLM DINAMIKA POLITIK DEMOKRASI, PERSOALAN UTAMANYA BUKAN PADA BAGAIMANA MENGHILANGKAN KONFLIK POLITIK NAMUN BAGAIMANA MENGELOLA KONFLIK DGN CARA-CARA YG BERADAB.
l BOLEH JADI, BAGAIMANA MENTRANSFORMASIKAN KONFLIK POLITIK DARI KECENDERUNGAN BERSIFAT ANARKIS DAN DESTRUKTIF MENJADI KONSTRUKTIF, DINAMIS, SERTA MENDORONG KEHIDUPAN DEMOKRASI YG LEBIH MATANG.
l KONFLIK POLITIK YG TDK DIKELOLA DAN BERSIFAT DESTRUKTIF AKAN MEMBAWA KERUGIAN CUKUP BESAR – MELEMAHKAN STABILITAS POLITIK – MENGHAMBAT MASUKNYA INVESTASI LUAR NEGERI – LEMAHNYA DINAMIKA EKONOMI.

MASALAHNYA:
• BAGAIMANA MENGELOLA KONFLIK POLITIK DI DAERAH-DAERAH YANG AKAN MELANGSUNGKAN PILKADA. ?

• BAGAIMANA AGAR TINDAKAN ANARKISME MASSA DAN KONFLIK POLITIK TIDAK BERLARUT-LARUT DAPAT DIANTISIPASI. ?
HARUS ADA KESEPAKATAN ELITE:
n PROSES POLITIK DEMOKRASI MEMUNCULKAN REALITAS POLITIK PARADOKSAL.
n KEMATANGAN PROSES POLITIK DEMOKRASI MEMBUTUHKAN KEMAMPUAN MENYEIMBANGKAN DUA HAL YANG SALING BERTOLAK BELAKANG, YAITU KECENDERUNGAN KONFLIK POLITIK DAN KEBUTUHAN AKAN TERBANGUNNYA KONSENSUS POLITIK.
n KESEIMBANGAN ANTARA KONFLIK DAN KONSENSUS INI MERUPAKAN FAKTOR AMAT PENTING BAGI KEBERHASILAN PESTA DEMOKRASI.
n BELAJAR DARI PENGALAMAN PILKADA SEBELUMNYA KONFLIK POLITIK YG BERLANGSUNG DI TINGKAT MSY BERLANJUT SCR EFEKTIF MENJADI AKSI-AKSI DESTRUKTIF ANARKI MASSA KETIKA PARA ELITE POLITIK YG BERKONFLIK TDK MAMPU MEMBANGUN KESEPAKATAN DAN KONSENSUS POLITIK.
n KEKECEWAAN THD HASIL PILKADA OLEH PARA KANDIDAT POLITIK KEMUDIAN MENYEBAR SEPERTI API YG MENJALAR DLM TUMPUKAN JERAMI KE BASIS MASSA.
n KONDISI INI SEMAKIN DIPERKUAT KETIKA TDK ADA RUANG POLITIK YG BERFUNGSI BAGI PROSES KONSENSUS UTK MENCAIRKAN KETEGANGAN.
n KAPASITAS UTK MEMBANGUN KONSENSUS POLITIK DI KALANGAN ELITE POLITIK MEMERLUKAN KOMITMEN POSITIF DARI PARA AGEN POLITIK UTK MENJADIKAN DEMOKRASI MULAI TATARAN MEKANISME PROSEDURAL SAMPAI NILAI NORMATIF SBG SKEMA BERPIKIR DAN KERANGKA BERTINDAK DALAM RANAH DEMOKRASI.
n KETIKA DEMOKRASI MERESAP MENJADI BAGIAN DARI HABITUS PARA ELITE POLITIK, AKAN TIMBUL KESADARAN BAHWA DEMOKRASI BERJALAN UTK MENEGAKKAN POLITIK KEADABAN DAN BUKAN UTK MENGEJAR KEUNTUNGAN MATERI SERTA POLITIK KETIKA BERHASIL MEREBUT AKSES KEKUASAAN.

BIROKRASI HARUS BERSIH & BERWIBAWA:
n SALAH SATU PENYEBAB KONFLIK POLITIK – BILA JABATAN KEPALA DAERAH ADALAH SEBAGAI PEMIMPIN BIROKRASI DI DAERAH TERSEBUT, MENJANJIKAN KEUNTUNGAN EKONOMI DAN POLITIK YG BESAR BAGI MEREKA YG MENANGANI KONTES PILKADA.
n INSTITUSI BIROKRASI SELAMA INI DIPANDANG SEBAGAI TEMPAT AMAT STRATEGIS BAGI PARA KEPALA DAERAH UTK MEMBANGUN KONSESI EKONOMI-POLITIK DAN PRAKTIK-PRAKTIK KKN BERNILAI MATERI CUKUP BESAR BAGI PARA APARATUS DAERAH.
n TDK MENGHERANKAN APABILA MOMENTUM PILKADA DISAMBUT ANTUSIAS OLEH PARA POLITISI. MEREKA DGN PARA DONATUR DIBELAKANGNYA BERANI MEMPERTARUHKAN JUMLAH UANG CUKUP BESAR UTK MEMENANGI AJANG PILKADA. KETIKA TDK TERPILIH TDK MENGHERANKAN APABILA MEREKA AKAN MENDORONG MASSA PENDUKUNGNYA MELAKUKAN PROTES YG MENYULUT KONFLIK.
n ANTISIPASI THD KONFLIK PILKADA HARUS MEMPERHATIKAN REFORMASI BIROKRASI SBG SALAH SATU LANGKAH YG SCR GRADUAL DPT BERMAKNA BAGI PENGELOLA KONFLIK.
n JIKA MEKANISME HUKUM DITEGAKKAN & PENINDAKAN THD KASUS-KASUS KKN DILAKUKAN UTK MENEGAKKAN LINGKUNGAN BIROKRASI SEHAT, SCR PERLAHAN AJANG PILKADA TDK LAGI DIPEREBUTKAN SBG SARANA MENDAPATKAN KEUNTUNGAN MATERI DAN POLITIK BAGI PARA AKTORNYA, NAMUN SBG SARANA MELAYANI PUBLIK SERTA MENYEJAHTERAKAN RAKYAT.
n MAKA, HANYA KALANGAN BERKOMITMEN TINGGI YG AKAN MEMASUKI ARENA PILKADA. SEMENTARA KEKALAHAN YG DIALAMI, KARENA TDK MENYERTAKAN JUMLAH MATERI YG BESAR, TDK AKAN MENGHASILKAN KONFLIK BERKEPANJANGAN

SOCIAL TRUST:
n ANTISIPASI THD TERJADINYA KONFLIK BERSIFAT DESTRUKTIF, MESTI MEMPERTIMBANGKAN FAKTOR PENGUATAN MASYARAKAT SIPIL DAN MODAL SOSIAL BERUPA KEPERCAYAAN ANTARA WARGA DAN ELEMEN-ELEMEN MASY SIPIL SBG SALAH SATU DIMENSI PENGELOLAAN KONFLIK.
n PADA KONTEKS INI TERJADINYA MODAL SOSIAL KULTURAL BERUPA TINGKAT KEPERCAYAAN TINGGI DARI SETIAP WARGA DAN TERBUKANYA RUANG DIALOG YG LUAS AKAN BERGUNA UTK MENTRANFORMASIKAN KONFLIK POLITIK.
n KEMAMPUAN ELEMEN MASY SIPIL MERUPAKAN SALURAN-SALURAN KOMUNIKASI UTK MEMPERTIMBANGKAN TIAP PERSOALAN YG MENCUL BERGUNA UTK MENGATASI KONFLIK.
n KETIKA PERSOALAN MUNCUL, PENGUTAMAAN PERTIMBANGAN RASIONAL DAN JERNIH BERBASIS SOCIAL TRUST MEREDUKSI PENGGUNAAN CARA-CARA KEKERASAN.
n KETERSEDIAAN KEPERCAYAAN SOSIAL ANTARA WARGA DAN KETERBUKAAN RUANG PUBLIK AKAN MEMBUAT WARGA SEMAKIN PEKA TERHADAP LINGKUNGAN SOSIAL MAUPUN PROVOKASI DARI LUAR MAUPUN ELITE YG AKAN MENGGUNCANG STGABILITAS DI WILAYAHNYA
n KETIKA PENGELOLAAN KONFLIK TELAH DIPERTIMBANGKAN MATANG DGN MELIBATKAN KOMUNIKASI ANTARA ELEMEN MSY SIPIL, POLITISI PEMEMRINTAH, DAN PELAKU EKONOMI – PERHELATAN PILKADA AKAN BERLANGSUNG DGN AMAN, DAMAI, DINAMIS, TANPA MENGORBANKAN STABILITAS POLITIK.




PENDIDIKAN NILAI DALAM IPS & HUMANIORA

l IPS & HUMANIORA – kajian ilmu yang potensial bagi pengembangan tugas-tugas pembelajaran yang kaya nilai
l Karakteristik IPS erat kaitannya dengan kehidupan mns dan banyak membahas ttg bagaimana mns dapat menjalin hub harmonis dgn sesama, lingk. dan Tuhan. (kaya nilai, moral, etika, dan perilaku) ilmu yg lebih lunak (soft science) / dinamis / probabilitasnya lebih banyak dibanding IPA.
l Penyadaran nilai melalui IPS & humaniora sering dihadapkan pd persoalan dinamika dan probabilitas nilai yg berubah-ubah, bukan pd masalah jarak antara nilai dgn topik kajian seperti IPA & matematika.

APA BAHAN KAJIANNYA:
l Bahan kajian IPS : mengkaji perilaku manusia dalam beragam bentuknya.
l Cabang ilmu:Psikologi;Geografi; Ekonomi; Politik; Sosiologi;Antropologi; Pendidikan.
l Humaniora: meliputi Bahasa dan Sastra yg menempatkan nilai komunikasi antar manusia; nilai keindahan karya manusia.

DISIPLIN ILMU-ILMU SOSIAL:
Psikologi: menaruh perhatian utamanya pada pengembangan potensi individu menempatkan nilai keunikan sebagai bagian dari aspek psikologi individu yg ikut berperan dalam pencapaian kedewasaan
Geografi: menempatkan kesadaran ruang /wawasan dari suatu kesatuan wilayah
Ekonomi; menempatkan nilai manfaat / keuntungan suatu barang/jasa
Politik; menempatkan nilai kekuasaan sebagai nilai tertinggi
Sosiologi; menempatkan nilai pada kualitas hubungan interpersonal seseorang sebagai anggota msy.
Antropologi; menempatkan nilai budaya suatu komunitas, suku, bangsa.
Pendidikan; mengambil keunggulan (par excellence) dari enam ilmu sosial.

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NILAI:
1. Apakah pembelajaran IPS & humaniora saat ini telah difungsikan sebagai proses penyadaran nilai-nilai secara optimal?
2. Adakah suatu upaya untuk mendidik msy yg disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan tatanan kehidupan global?
3. Apakah tujuan-tujuan pembelajarannya telah memberikan sumbangan penting bagi pengembangan sistem nilai yang koheren?

Ketiga pertanyaan ini menekankan pentingnya pendidikan IPS/humaniora melalui sejumlah mapel dlm penyadaran nilai,moral,& estetika.
TAHAPAN PENDIDIKAN NILAI DALAM IPS:
PENGENALAN FAKTA-FAKTA LINGKUNGAN
2. PEMBENTUKAN KONSEP-KONSEP
PERTIMBANGAN NILAI YG TERINTEGRASI

BAGI SISWA BELAJAR IPS TDK CUKUP HANYA BERKISAR PD KONSEP VERBALISTIK – MENGENAL SEJUMLAH FENOMENA => KETAJAMAN ANALISIS THD NILAI DALAM SEJUMLAH ISU SOSIAL YG MUNCUL DEWASA INI.

PEMBELAJARAN NILAI YANG TERINTEGRASI DALAM IPS:
1. NILAI INTRINSIK: OBJEKTIVITAS, RASIONALITAS, & KEJUJURAN ILMIAH
2. NILAI DASAR MORAL: KEPEDULIAN THD ORANG LAIN, EMPATI, KEBAIKAN SOSIAL LAINNYA. <= PRINSIP KEBENARAN, KEADILAN, KEBAIKAN, KEPEDULIAN, KEINDAHAN <= AGAMA

PENTINGNYA PENDIDIKAN IPS DALAM PENYADARAN NILAI:
KONSTRIBUSI SEMUA PIHAK (ILMUWAN, ORTU,SEKOLAH DLL) BAGI PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MASY
TDK CUKUP HANYA MEMPEROLEH PENGETAHUAN YG BERSIFAT KONSEPTUAL => PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN MANUSIA <= SIKAP ILMIAH; KRITIS & KEMAMPUAN MEMBANGUN HUB ANTAR MNS, ALAM, TUHAN SCR SEHAT & HARMONIS
PENDEKATAN PEMBELAJARAN => KONSTRUKTIF => BERPIKIR;BEKERJA AKTIF, KREATIF, INOVATIF => MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL; MAMPU MENJALIN HUB INTERPERSONAL, KEPEDULIAN THD ORG LAIN & PENGHARGAAN THD SEGALA BENTUK KEHIDUPAN
PEMBELAJARAN IPS / HUMANIORA YG TERINTEGRASI DGN NILAI, MORAL DAN ETIKA:
=> SISWA DIHARAPKAN MAMPU MENGAPLIKASIKAN KONSEP DAN PRINSIP IPS => PENINGKATAN KUALITAS HIDUPNYA => PRIBADI-PRIBADI SEHAT DAN TANGGUH

No comments: