Wednesday, April 11, 2007

MATERI KULIAH 2 IPS TERPADU

ADAKAH GAGASAN PEMBAHARUAN PENDIDIKAN IPS?
APAKAH DLM PIPS TERJADI INOVASI?
* MISAL: PENDEKATAN INKUIRY DALAM IPS SDH DILAKSANAKAN SEJAK ZAMAN ARISTOTELES ; YG MENERAPKAN ( IEH ) METODE INDUKTIF, EKSPERIMEN & HIPOTESISNYA. + UMPAN BALIK
APAKAH GAGASAN & PERBUATAN SELALU DIKATEGORIKAN INOVASI? APAKAH DGN MERUBAH KEMASAN BERARTI INOVASI?
MISAL: BELAJAR BERPROGRAMA, BELAJAR DGN SISTEM MODUL, SAL - CBSA (PAKEM – CTL), POE, MAJU BERKELANJUTAN, QUANTUM LEARNING, SEKOLAH KOMPREHENSIF, PEMECAHAN MASALAH, PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN, BELAJAR TUNTAS -> KESEMUANYA MENGANDUNG KONSEP TRAD.

APA PROBLEM YANG DIHADAPAI DALAM PEMBAHARUAN PIPS?
o BERHADAPAN DGN “BATU KARANG” KARENA KURANGNYA KEAHLIAN PARA SARJANA PENDIDIKAN, FASILITAS MINIM, MBS LEMAH, BUDAYA BELAJAR MSY INDONESIA IKLIMNYA KURANG KONDUSIF ?
o NUMAN SUMANTRI (1970 - 1992) MELAKU- KAN KONSEP PEMBAHARUAN TTG BATASAN + JATI DIRI PIPS-PKN; PENDEKATAN ANTAR; CROSS; TRANS- DISIPLINER DLM MENYUSUN BAHAN PENDIDIKAN UTK PENDAS; PENDEKAT PEMECAHAN MASALAH & INKUIRI DLL.

KENDALA DI LAPANGAN:
o KEAHLIAN AKADEMIK, FASILITAS PENDIDIKAN, MUTU BUKU PELAJARAN SERTA ADMINISTRASI & MANAJEMEN.
o LULUSAN LPTK = AHLI PENDIDIKAN ATAU AHLI BIDANG STUDI ? NYATANYA LEBIH CONDONG PD AHLI BIDANG STUDI => DP AHLI PENDIDIKAN – HAMPIR TDK TAMPAK DIPRAKTIKKAN TERUTAMA DLM MENERAP KAN TEORI-TEORI PENDIDIKAN => MULAI FILSAFAT PENDIDIKAN S.D. ASESMEN / EVALUASI PROSES & HASIL PENDIDIKAN.
o KURANG BERKEMBANGNYA HUBUNGAN FUNGSIONAL ANTARA MKU, MKDK, MKBS
o KURANGNYA RESPONS SCR PROFRSIONAL & AKADEMIK DR MSY ILMIAH PENDIDIKAN IPS.
o SUB-SUB DISIPLIN ILMU SOSIAL & TEKNIK CERAMAH SANGAT MENGUASAI KITA UTK TETAP MEMPERTAHANKAN SIKAP TRADISIONAL DLM TUGAS SEHARI-HARI SBG STAF PENGAJAR IPS = STAF PENGAJAR DI UNIVERSITAS YG TDK MENGENYAM ILMU-ILMU PENDIDIKAN.
o DLM MENYUSUN BAHAN PENDIDIKAN YG MENGGUNAKAN PENDEKATAN INTER; CROSS DAN TRANS-DISIPLINER AGAR PIPS LEBIH REALISTIK DLM MENGHADAPI KENYATAAN SOSIAL – MATERINYA TEPAT GUNA UTAMANYA BAGI MEREKA YG TDK MELANJUTKAN KE PT
o BAHAN PEMBELAJARAN YG REALIATIK, SELAIN UTK MENCEGAH VERBALISME, JUGA UTK MENGEMBANGKAN BERPIKIR INTEGRATIF (INTEGRATIVE THINKING) DLM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN & KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH => SUATU KETERAMPILAN BERPIKIR YG SANGAT DIPERLUKAN BAGI SETIAP WNI.
o BUKU PELAJARAN/PAKET – TDK MENGIKUTI ALUR PENDEKATAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN & PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH => GURU SBG TRANSFORMATOR PENGETAHUAN # DIREKTUR/FASILITATOR PEMBELAJARAN YG KAYA DGN GAYA MENGAJAR & DILANDASI DG TEORI ILMU PENDIDIKAN & ILMU SOSIAL + MASALAH SOSIAL
o SIKAP ADMINISTRATOR PENDIDIKAN => KURANG MEMBERIKAN PERHATIAN PD GAGASAN PEMBAHARUAN – RUTINITAS JALAN = PUAS = MANDEG/GAGAL. RUBAH POLA PIKIR, POLA KERJA, KEBIASAAN HIDUP => PROFESIONAL.
o KEBIJAKAN PEMERINTAH; KELAYAKAN FASILITAS DLL

APA YANG HARUS DILAKUKAN/DIPERBUAT?
► TUANGKAN GAGASANMU LEBIH OPERASIONAL MELALUI RENCANA TINDAK LANJUT (RTL) DARI 10 MASALAH YANG KITA HADAPI BERSAMA.
► BAGI 10 MASALAH ITU MENJADI TUGAS KELOMPOK AGAR PEMBAHASANNYA LEBIH MENDALAM, MELALUI RENCANA PROGRAM AKSI YANG LEBIH SIMULTAN – BERKELAJUTAN BAGI FAKULTAS; JURUSAN – HMJ – BEM FIS UNESA.

JAWABAN MAHASISWA
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH KE 1:
KEAHLIAN AKADEMIK, FASILITAS PENDIDIKAN, MUTU BUKU PELAJARAN SERTA ADMINISTRASI & MANAJEMEN.
ALTERNATIF:
Adanya tenaga pengajar yg profesional kompeten yg melahirkan lulusan yg kompeten
Bekerjasama dg instansi tt. Utk mengembangan fasilitas-2 penunjang guna mengembangkan pendidikan.
RTL:
Membuat klp studi utk menanggapi kebijakan pemerintah mendiskusikan masalah2 sosial, bedah buku. Sehingga menciptakan mhs yg berwawasan luas.
Membuat kebijakan yg tdk memberatkan mhs utk melunasi SOM shg dpt digunakan utk mengembangkan fasilitas.
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH KE 2 :
LULUSAN LPTK = AHLI PENDIDIKAN ATAU AHLI BIDANG STUDI ? NYATANYA LEBIH CONDONG PD AHLI BIDANG STUDI => DP AHLI PENDIDIKAN – HAMPIR TDK TAMPAK DIPRAKTIKKAN TERUTAMA DLM MENERAP KAN TEORI-TEORI PENDIDIKAN => MULAI FILSAFAT PENDIDIKAN S.D. ASESMEN / EVALUASI PROSES & HASIL PENDIDIKAN.
ALTERNATIF:
Tanggap thd perkemb ipteks
Adanya pembaharuan dlm PBM sesuai dg prinsip perkemb kur.
RTL:
Adanya pelatihan intensif & terpadu
Guru hrs mengikuti perkemb. Zaman dlm PBM
Mempunyai metode pembel. Yg lebih inovatif (Pakem)
Lulusan LPTK diprioritaskan hrs menguasai mat kuliah yg berkaitan dgn ilmu pendidikan.
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH KE 3:
KURANG BERKEMBANGNYA HUBUNGAN FUNGSIONAL ANTARA MKU, MKDK, MKBS
ALTERNATIF:
Ø Pengajaran MKU,MKDK dan MKBS lebih difokuskan pd bidangnya & dilakukan adaptasi utk menyesuaikan dg kur yg ada.
RTL:
Ø Diadakan lokakarya utk pengembangan sehubungan dg ketiga bidang kajian.
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH KE 4
KURANGNYA RESPONS SCR PROFRSIONAL & AKADEMIK DR MSY ILMIAH PENDIDIKAN IPS.
ALTERNATIF:
a. Dlm PIPS lebih dikemb. & diperkenalkan pd msy, akademik PIPS itu perlu & berguna utk meningkatkan pengetahuan.
RTL:
Dlm penyajian materi tdk hanya teori saja, akan tetapi perlu diadakan observasi- shg siswa tdk merasa bosan. Karena selain mendapatkan materi pelajaran siswa juga mendptkn pengalaman.
Dlm mengembangkan PIPS scr profesional guru & siswa diharapkan aktif segala KBM shg menghasilkan siswa yg kritis.
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH KE 5
SUB-SUB DISIPLIN ILMU SOSIAL & TEKNIK CERAMAH SANGAT MENGUASAI KITA UTK TETAP MEMPERTAHANKAN SIKAP TRADISIONAL DLM TUGAS SEHARI-HARI SBG STAF PENGAJAR IPS = STAF PENGAJAR DI UNIVERSITAS YG TDK MENGENYAM ILMU-ILMU PENDIDIKAN.
ALTERNATIF:
Mengadakan pelatihan guru ttg model-2 pembelajaran utk meningkatkan profesionalisme guru.
RTL:
Mewajibkan guru melakukan / menerapkan metode pembelajaran yg lebih bervariasi/menantang siswa berpikir kritis, kreatif yg tentunya sesuai dg topik pembelajaran dlm melaksanakan tugas sehari-hari
Diadakan pengawasan & kontrol diperketat dr pihak sekolah
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH KE 6:
DLM MENYUSUN BAHAN PENDIDIKAN YG MENGGUNAKAN PENDEKATAN INTER; CROSS DAN TRANS-DISIPLINER AGAR PIPS LEBIH REALISTIK DLM MENGHADAPI KENYATAAN SOSIAL – MATERINYA TEPAT GUNA UTAMANYA BAGI MEREKA YG TDK MELANJUTKAN KE PT
ALTERNATIF:
Memberikan pelatihan materi pd peserta didik utk mengasah keterampilan mereka berupa peraltihan menjahit, tata boga, tata busana & pertukangan dll
Memberikan praktik-2 yg lebih banyak selain teori yg diberikan
RTL:
a. Calon pendidik juga harus diberikan pelatihan yg lebih khusus agar dpt memberi manfaat bagi siswa utk dpt menghasilkan karya utk bekal hidup
b. Mengadakan kegiatan ekstra kur – sbg pendukung materi
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH KE7:
BAHAN PEMBELAJARAN YG REALIATIK, SELAIN UTK MENCEGAH VERBALISME, JUGA UTK MENGEMBANGKAN BERPIKIR INTEGRATIF (INTEGRATIVE THINKING) DLM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN & KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH => SUATU KETERAMPILAN BERPIKIR YG SANGAT DIPERLUKAN BAGI SETIAP WNI.
ALTERNATIF:
Membuat kajian diskusi
Dpt mengamati & mencari jalan keluar
Bahan pembelajaran tdk hanya teori shg siswa dpt integratif thingking
Guru lebih kreatif & inovatif dlm mengadop pembelajaran utk mencegah verbalisme & kejenuhan dlm PBM
RTL:
Perserta didik terjun lgs ke lap. Mengamati realitas sosial yg terjadi
Mengajak peserta didik mencari-mengamati mencari solusi masalah yg sdg berkembang & tdk jauh dari PIPS
Peserta didik dpt menyatakan pendapatnya tdk berdasarkan teori saja, shg hasil pemikiran siswa dpt dijadikan acuan suatu pemikiran yg baru.
Membuat media-2 pembel yg lebih menarik dlm memotivasi siswa utk lebih giat belajar.
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH KE8:
BUKU PELAJARAN/PAKET – TDK MENGIKUTI ALUR PENDEKATAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN & PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH => GURU SBG TRANSFORMATOR PENGETAHUAN # DIREKTUR/FASILITATOR PEMBELAJARAN YG KAYA DGN GAYA MENGAJAR & DILANDASI DG TEORI ILMU PENDIDIKAN & ILMU SOSIAL + MASALAH SOSIAL
ALTERNATIF:
Buku hrs berorientasi pd keilmuan
Guru tdk hrs terpaku pd buku – mengembangkan sumber belajar lain.
Penerbit hrs dpt menyeleksi karya-2 yg akan diterbitkan
RTL:
Mengadakan bedah buku
Mengadakan pelatihan guru
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH KE9:
SIKAP ADMINISTRATOR PENDIDIKAN => KURANG MEMBERIKAN PERHATIAN PD GAGASAN PEMBAHARUAN – RUTINITAS JALAN = PUAS = MANDEG/GAGAL. RUBAH POLA PIKIR, POLA KERJA, KEBIASAAN HIDUP => PROFESIONAL.
ALTERNATIF:
Memberikan pelatihan guru sesuai dg mapelnya
Memberikan pelayanan yg relevan sesuai bidangnya
Menempatkan karyawan sekolah sesusai tugasnya
Meningkatkan kesejahteraan guru
RTL:
Setiap 1 sm dilakukan monitoring 2 kali
Setiap guru mapel membuat silabus, RPP, dan evaluasi guna mencapai pembelajaran yg efektif
Pihak sekolah memberikan tunjangan yg sesuai.
Setiap guru mapel diberikan pelatihan khusus oleh dinas pendidikan
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH KE10:
10.KEBIJAKAN PEMERINTAH; KELAYAKAN FASILITAS DLL
ALTERNATIF:
Dosen & mhs saling berperan aktif dlm proses pelaksanaan pendidikan
Antara elite birokrasi & mhs hrs proaktif & tanggap dlm merealisasikan APBN/APBD
Birokrasi hrs transparan mengenai keuangan
RTL:
Membuat klp diskusi utk menanggapi kebijakan pememrintah ttg fasiliotas pendidikan
Bekerjasama dg kampus lain utk meningkatkan fasilitas pendidikan
Birokrasi membuat kebijakan yg tdk memberatkan mhs.

No comments: