Wednesday, April 11, 2007

MATERI KULIAH 12 IPS TERPADU

KETERAMPILAN ESENSIAL IPS
Mengorganisasikan dan Menggunakan Informasi

A. Keterampilan Berpikir (Thinking Skills)

1. Mengklasifikasi informasi

q Mengidentifikasikan bahan factual yang relevan
q Melihat hubungan antara item informasi factual
q Mengelompokkan data sesuai dengan criteria yang tepat
q Mengurutkan secara tepat
- menurut urutan kejadian
- menurut penting tidaknya
q menempatkan data dalam bentuk tabel :bagan, graphik , ilustrasi

2. Menafsirkan informasi

q Menentukan hubungan antara katagori-katagori informasi
q Melihat hubungan sebab akibat
q Mengambil kesimpulan sementara dari bahan factual
q Memprediksikan outcome berdasarkan informasi factual
q Mengenal dimensi nilai dari penafsiran bahan factual
q Memahami ada kalanya lebih dari satu penafsiran bahan factual valid

3. Menganalisa informasi

q Membentuk organisasi gagasan utama suatu topik
q Memecah suatu topik ke dalam komponen komponen sesuai dengan kriteria yang tepat
q Melihat secara kritis hubungan hubungan antara elemen dari suatu topik
q Mendeteksi bias dalam data yang disajikan dalam berbagai bentuk: graphik, tabel, visual, cetak
q Membandingkan dan mengkontraskan kredibilitas berbagai padangan pada peristiwa yang sama

4. Meringkas informasi

q Menarik gagasan penting dari detail data pendukung
q Mengkombinasikan konsep konsep penting ke dalam suatu pernyataan konklusi berdasarkan informasi
q Menguraikan gagasan gagasan utama dari suatu topik yang kompleks dalam bentuk ringkas.
q Membentuk pendapat berdasarkan pemikiran kritis dari informasi yang relevan
q Membuat hipotesa untuk penelitian lebih lanjut.

5. Mensintesakan Informasi

q Membuat proposal rencana kerja, menciptakan sitem baru, atau membuat skema futuristik berdasarkan informasi yang tersedia.
q Menafsirkan kembali kejadian kejadian untuk memperkirakan kemungkinan apa yang sudah terjadi dan menunjukkan dampak yang mungkin terjadi dari peristiwa tsb
q Menyajikan secara visual (bagan, graphik, diagaram, model dsb) informasi yang diperoleh dari bahan cetak.
q Menyiapkan paper riset yang memerlukan pemecahan masalah secara kreatif.
q Menkomunikasikan secara lisan dan tertulis

6. Mengevaluasi Informasi

q Menentukan apakah informasi penting untuk topik
q Memperkirakan cukup tidaknya informasi
q Mentes validitas informasi, dengan menggunakan criteria sumber, objektivitas, kebenaran teknis, keterkinian




B. Keterampilan Pengambilan Keputusan

q Mengidentifikasikan suatu situasi di mana diperlukan keputusan
q Menjamin informasi factual yang diperlukan relevan untuk pengambilan keputusan
q Mengetahui nilai nilai yang implicit tersirat dalam situasi dan issu issu yang muncul dari situasi
q Mengidentifikasikan alternatif rangkaian tindakan dan meramalkan kosekwensi dari tiap tindakan.
q Mengambil keputusan berdasarkan data yang diperoleh
q Mengambil tindakan untukmelaksanakankeputusan

C. Keterampilan Metakognitif

q Memilih strategi yang tepat untuk memecahkan masalah
q Memonitor diri sendiri proses berpikirnya


Keterampilan Esensial IPS:
Hubungan Antar Sesama dan Partisipasi Sosial

A. Keterampilan Personal

q Menyatakan keyakinan pribadi
q Mengkomunikasikan kepercayaan, perasaan, dan dan keyakinannya
q Menyesuaikan perilakunya sendiri agar sesuai dengan dinamika berbagai kelompok dan situasi
q Mengakui hubungan timbal balik antar manusia untuk memenuhi kebutuhan yang lain

B. Keterampilan Interaksi Kelompok

q Memberikan sumbangan untuk pengembangan iklim yang mendukung dalam kelompok
q Berpartisipasi dalam membuat aturan aturan dan petunjuk untuk kehidupan kelompok.
q Bertindak sebagai pemimpin atau pengikut
q Membantu dalam menentukan tujuan kelompok
q Berpartisipasi dalam mendelegasikan kewajiban, mengorganisir, merencanakan, mengambil keputusan, dan melakukan tindakan dalam kelompok
q Berpartisipasi dalam membujuk, melakukan kompromi, berdebat, dan bernegosiasi dalam penyelesaian konflik dan perbedan perbedaan.

C. Keterampilan Partisipasi Sosial dan Politik

q Selalu mengikuti informasi mengenai isu-isu yang mempengaruhi masyarakat
q Mengidentifikasi situasi situasi di mana diperlukan tindakan
q Bekerja secara individual atau dengan yan lain untuk menentukan tindakan yang tepat.
q Bekerja utuk mempengaruhi mereka yang menduduki posisi kekuatan sosial untuk memperbesar kebebasan, keadilan sosial
dan hak azasi manusia
q Menerima dan memenuhi tanggung jawab sosial yang berkaitan dengan kewarganegaraan di dalam masyarakat yang bebas

Keterampilan Esensial untuk IPS:
Mencari Informasi
A. Keterampilan Membaca

1. Pemahaman

q Membaca dan mendapatkan makna literal
q Menggunakan bab dan sub judul, kalimat utama, dan meringkas
q Memilih bacaan yang relevan dengan topik yang dipelajari
q Menafsirkan apa yang dibaca dengan mengambil kesimpulan sementara (inferens)
q Melihat hubungan sebab dan akibat
q Membedakan antara fakta dan opini; mengenal propaganda
q Mengetahui bias penulis
q Menggunakan petunjuk gambar dan tulisan/teks (captions) gambar untuk membantu pemahaman
q Membaca untuk bermacam keperluan: secara kritis, analitis, untuk memprediksikan hasil (outcomes), untuk menjawab pertanyaan, untuk membentuk pendapat, membaca cepat untuk mendapatkan fakta fakta (skiming)
q Mebaca bermacam bentuk bahan cetak: buku buku, majalah, surat kabar, buku telepon, jadwal, jurnal

2. Kosakata

q Menggunakan keterampilan mengenal kata: kenal dengan padangan sekilas, analisis phonetik, analisis sturktural
q Menggunakan petunjuk konteks untuk mendapatkan makna
q Menggunakan sumber yang tepat untuk mendapatkan makna istilah istilah dan kosakata esensial: glosari, kamus, daftar kata
q Mengenal dan memahami istilah istilah ilmu sosial yang jumlahnya semakin banyak

3. Kecepatan membaca

q Menyesuaikan kecepatan membaca untuk memenuhi kebutuhan tujuan
q Menyesuaikan kecepatan membaca sesuai dengan tingkat kesulitan bahan

B. Keterampilan Studi

1. Menemukan informasi

q Menggunakan berbagai bagian suatu buku (indeks, daftar isi, dst)
q Menggunakan kata kata kunci, huruf/cetakan ke …, indeks, referensi silang untuk mendapatkan informasi
q Menilai sumber sumber informasi –cetak, visual, elektronik
q Menggunakan masyarakat sebagai sumber

2. Mengatur informasi kedalam bentuk yang bisa dipakai

q Membuat garis besar topik
q Menyiapkan ringkasan membuat garis waktu
q Mencatat
q Menyimpan laporan
q Menggunakan huruf cetak miring (italics), catatan pinggir, catatan kaki
q Mendengarkan informasi
q Mengikuti petunjuk
q Menulis laporan dan makalah riset
q Menyiapkan bibliografi

C.Keterampilan Mencari Informasi dan Referensi

4. Perpustakaan

q Menggunakan kartu katalog untuk menemukan buku
q Menggunakan petunjuk pembaca untuk literature periodic dan indeks indeks lain
q Menggunakan COMCATS (Computer Catalog Service)

2. Refensi Khusus

q Almanak
q Ensiklopedia
q Kamus
q Indeks
q Penerbitan pemerintah
q Microfilm
q Periodical
q Sumber sumber berita: surat kabar, majalah, TV, radio, videotapes, artifak (peninggalan-peninggalan)

3. Peta, globe, graphik

q Keterampilan menggunakan peta dan membaca globe
q Orientasi peta dan membaca petunjuk
q Menemukan lokasi tempat tempat di dalam globe
q Menggunakan skala dan menghitung jarak
q Menafsirkan symbol symbol peta dan memvisualisasikan maknanya
q Membandingkan peta dan membuat referensi
q Menyatakan perkiraan lokasi
q Membaca/menafsirkan raphik
q Mendeteksi bias dalam bahan visual
q Menafsirkan pesan pesan politik dan sosial dalam kartun

4. Sumber-sumber Masyarakat

q Menggunakan sumber sumber inormasi di masyarakat
q Melakukan interview terhadap individu individu dalam masyarakat
q Menggunakan surat kabar local

D. Keterampilan Teknik untuk Peralatan Elektronik

1. Komputer

q Mengoperasikkan komputer dengan menggunakan program instruksional atau referensi yang disiapkan
q Mengoperasikan komputer untuk masuk dan mendapatkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber

2. Jaringan Informasi Telepon dan Televisi

q Kemampuan untuk mengakses informasi melalui jaringan









ASESMEN DAN EVALUASI

l Apa asesmen dan evaluasi?
l Apa tujuan asesmen?
l Menurut Anda apa yang mungkin berbeda pada waktu melakukan asesmen berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi?

l Penilaian kelas adalah suatu bentuk kegiatan guru yang terkait dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi atau hasil belajar peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran tertentu.
l Kompetensi merupakan gabungan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak yang dilakukan secara konsisten.
l Kompetensi secara utuh yang merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai karakteristik masing-masing mata pelajaran.
(Kurikulum 2004, Nov 2004)

l Asesmen (penilaian) adalah proses pengumpulan bukti dan pendokumentasian belajar dan pertumbuhan siswa.
l Evaluasi adalah proses penyimpulan dan penerjemahan bukti, dan pengambilan keputusan profesional yang didasarkan pada informasi yang dikumpulkan.
(Hill and Ruptic, 1994)

TUJUAN ASESMEN
1. Asesmen memberikan umpan balik mengenai kemajuan belajar siswa dalam kaitan dengan kompetensi-kompetensi selama proses belajar-mengajar.
2. Asesmen memberikan informasi kepada para guru, orang tua,masyarakat mengenai demonstrasi kompetensi siswa
3 Asesmen menginformasikan kepada pengambil keputusan berkenaan dengan belajar siswa. Asesmen dapat digunakan untuk:
l Mengambil keputusan tentang kebutuhan dan proses belajar-mengajar siswa
l Membimbing perencanaan program belajar-mengajar berikutnya.

YANG MUNGKIN BERBEDA DENGAN KBK 2004
4. Mengumpulkan informasi berkelanjutan dalam berbagai konteks autentik
5. Menggunakan berbagai alat dan metode untuk mengumpulkan informasi
6. Menciptakan sistem untuk mencatat dan mengelola data
7. Mempunyai waktu untuk menganalisis dan mengevaluasi dan mengambil keputusan mengenai pengajaran yang akan dating

HUBUNGAN ASESMEN & EVALUASI
l Kita dapat memiliki asesmen tanpa evaluasi, tetapi kita tidak dapat memiliki evaluasi tanpa asesmen.
l Idealnya, kita mengases secara kontinyu sedangkan kita mengevaluasi hanya kadang-kadang.
(Johnson and Johnson, 2002)

Bagaimana cara Anda melakukan asesmen?

l Observasi terfokus
l Observasi formal atau informal dari perilaku siswa dalam lingkungan belajar yang wajar/natural dapat memberikan informasi yang berharga dari kemajuan belajar siswa.
l Formal: terencana dan terfokus pada kriteria dan siswa-siswa yang sudah ditentukan sebelumnya
l Informal: tidak terencana tetapi sering menunjukkan apa yang bisa dilakukan siswa dalam konteks yang berbeda-beda
l Produk*/hasil karya
l Informasi dapat dikumpulkan dari hasil kerja siswa: lisan, tertulis dan visual (dapat dilihat)
l Guru dapat melakukan asesmen produk siswa yang dilakukan dalam proses belajar bukan hanya produk final.
*Pengertian produk di sini semua jenis hasil karya siswa baik lisan, 2 dimensi atau pun 3 dimensi
l Percakapan
l Baik percakapan dengan siswa yang terencana mau pun tidak terencana memberikan pada guru informasi yang berharga yang mungkin tidak terkumpulkan dalam konteks-konteks lain.
l Konperensi dan interviu adalah 2 metode pengumpulan informasi melalui percakapan

TEKNIK PENILAIAN

l penilaian unjuk kerja,
l penilaian sikap,
l penilaian tertulis,
l penilaian proyek,
l penilaian produk,
l penggunaan portofolio, dan
l penilaian diri.

COBA BUAT INSTRUMEN UNTUK MENGASES BERBAGAI TEKNIK ASESMEN, TENTUKAN ASPEK-ASPEK YANG AKAN DIASES DAN BUAT RENTANGAN SKORNYA. ( BENTUKNYA BISA BENAR – SALAH / YA – TIDAK ATAU SKALA RENTANG ATAU RUBRIK)

No comments: